Home » , , » PAUD MENUJU INDONESIA EMAS

PAUD MENUJU INDONESIA EMAS

Written By Unknown on Minggu, 16 Juni 2013 | 08.44




Progam Pendididikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan sejak usia dini, agar anak menjadi sehat dan cerdas. Setelah dewasa membentuk keluarga harmonis. Dari keluarga harmonis diharapkan masyarakat akan damai dan sejahtera. 

 "Langkah ini menjadi landasan pembangunan pemerintah sebagai upaya menjadikan Indonesia Emas tahun 2045.", kata Sutarno, S Pd, kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Gajahmungkur dalam sambutan, ketika PAUD Puspitasari memperingati ulang tahun ke-2 dan Lansia Sehat Sejahtera ke-8. Berlangsung pada Minggu (16 /6) siang di Lapangan Tengah RW III Perumnas Sampangan 

Jika perayaan ulang tahun kelahiran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Lanjut Usia (Lansia) dibersamakan, muncullah serangkaian makna mocopat, tembang Jawa, yang penuh dengan filosofis. Tingginya kebudayaan Indonesia antara lain terkandung dari Mocopat yang merupakan gambaran kehidupan dari anak sampai lanjut usia, bahkan saat ajal. 

Pertama tembang Maskumambang lambang anak masih dalam kandungan, kemudian Mijil anak dilahirkan, sampai Sinom ketika anak masih usia dini perlu pendidikan yang memadai. 

Berlanjut Asmorodono (saat remaja mulai mempunyai gambaran hidup), Gambuh (berlabuh, sudah sampai tujuan, berumahtangga dan saling tenggang rasa,) Dandanggula (semua tertata,) Durma (saat berbagi sampai haji untuk yang beragama Islam), Pangkur(saat orang mulai berpaling dari duniawi), Megatruh (saat ruh meninggalkan jasad) sampai Pocung yaitu siap masuk liang lahat setelah dipocong atau mengenakan kain kafan. 

Selain tarian dan beberapa atraksi yang dimainkan oleh anak-anak PAUD, disaksikan lurah Sampangan Bambang Sri Wobowo, S Sos, juga diperkenalkan Mars Lansia. 


Menurut ketua RW Budi Susatyo SH, ibu-ibu dari Puspitasari yang dikoordinasi oleh Dra Atiek BS, mewakili Kecamatan Gajahmungkur menjadi juara I dalam lomba Mars Pos PAUD tingkat kodia beberapa waktu lalu. Klub jantung sehat Sampangan Indah juga menjadi juara I Senam Lansia, mewakili kecamatan Gajahmungkur.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Sehat Alami

Artikel Terpopuler

Album Foto

  • Kegiatan Upacara SDN 2 Jetaksari.
  • Kepala Sekolah Serta Staf-Staf SDN 2 Jetaksari.
  • Kegiatan Pramuka SDN 2 Jetaksari.
  • Kegiatan Perkemahan SDN 2 Jetaksar.
  • Profil Staf SDN 2 Jetaksari.


 
Supported by : Mildani | Sehat Alami Copyright © 2013. SD NEGERI 2 JETAKSARI - All Rights Reserved
Template modified by Azizul Anam | Powered by Blogger